Please select To the mobile version | Continue to access the desktop computer version
| |

Hisense Forum

 Forgot password?
 Register
Search
View: 1854|Reply: 8

Celluon Epic Virtual Keyboard - Keyboard Futuristik dari Masa Depan

[Copy link]

26

Threads

666

Posts

1860

Credits

HiClub Member

Rank: 10Rank: 10Rank: 10

Credits
1860

Forum Special Contribution HiClub Junior Member

Post time: 2015-09-27 13:01:54
| Show all posts |Read mode
Edited by Desmanto at 2015-09-27 23:56

Celluon Epic Virtual Keyboard
Keyboard Futuristik dari Masa Depan


Prolog
Di suatu hari yang cerah, saya sedang browsing dan menemukan suatu teknologi yang (sudah ada sejak 2002) memungkinkan untuk memproyeksikan keyboard secara virtual dengan menggunakan laser. Teknologi ini sangat futuristik, sehingga menggugah rasa ingin tahu saya lebih lanjut. Akhirnya saya meminta bantuan kepada Dr. Emmett Brown (Back to the Future) untuk mengambil sampel dari teknologi ini di masa depan dengan menggunakan DeLorean DMC-12. Dan hasilnya ada perusahaan korea yang sudah menjualnya pada saat itu. Tapi saya bersikeras pengen beli langsung di Indonesia.

Setelah setengah tahun lebih mencari, akhirnya saya dikasih tau oleh Doc. Brown, bahwa virtual keyboard ini sudah bisa dipesan di salah toko online di Indonesia. Selidik demi selidik tentang ketentuan toko online tadi, akhirnya saya menemukan seller yang bisa dipercaya. Kirim pesan dikit, konfirmasi, transfer deh. Barang tiba 4 hari kemudian, langsung ga sabaran untuk unpacking dan ngetes.

Paket pembelian & Unboxing
1.box.jpg
Packaging dari seller cukup besar, tapi setelah diunpack, cukup terkejut dengan ukurannya yang sebenarnya sangat mungil. Dalam kotak ada :
  • Epic Celluon
  • Kabel USB to micro USB (untuk charging)
  • Buku petunjuk dan quick guide
2.unpack.jpg
Tidak ada kepala charger, yang berarti kita bisa pakai charger HP kita sendiri, atau colok di USB port PC/laptop untuk ngechargenya

First impression & Build quality
Ukuran dari Epic nya sendiri cukup mungil, apalagi dibandingkan dengan packagingnya, ampe bisa masuk kotak kartu nama!!! Desainnya juga bagus, tidak terkesan murahan. Dan yang paling penting, fungsinya.
3.vk.jpg

  • Di bagian depan atas ada laser class 1, yang berfungsi memproyeksikan keyboard dalam tampilan lasernya.Di bagian depan tengah ada sensor kamera yang berfungsi mendeteksi posisi jari terhadap keyboard.
  • Lalu ada dua LED, biru sebagai status bluetooth, dan hijau/merah sebagai status batere/charging.
  • Di bagian depan bawah masih ada IR light, yang berfungsi sebagai triangulasi jari, untuk mengetahui apakah jari menekan virtual keyboardnya.
  • Di bagian belakang atas, ada saklar geser on/off.
  • Di bagian belakang bawah ada penutup yang bisa dibuka. Di dalam penutup ini ada tombol pairing dan port micro usb untuk charging.
  • Di sisi lainnya tidak ada tombol apapun, selain di bagian bawah ada label produk.

Fungsi & Cara kerja
Fungsi dari Epic ini adalah sebagai virtual keyboard bluetooth di HP ataupun PC/laptop. Bedanya dengan bluetooth keyboard lainnya, proyeksi keyboardnya ini menggunakan laser dan tidak ada tombol fisik sama sekali. Artinya tut keyboard tidak mungkin rusak. Untuk bisa menggunakan epic sebagai keyboard, tentunya perlu dihubungkan dulu ke HP atau PC/laptop. OS HP tentunya harus support, Android ICS ke atas dan Windows XP ke atas.

Keyboard ini akan berfungsi lebih maksimal jika anda sebelumnya sudah pernah belajar mengetik 10 jari. Namun typist yang sudah mahir pun, tetap perlu beradaptasi dengan keyboard ini. Tidak ada feedback dari keyboard ini sama sekali, karena jari anda akan bersentuhan langsung dengan alas/meja, tanpa adanya feedback dari keyboard tradisional (kayak touchscreen lah). Untuk cara kerja keyboardnya silahkan ke website officalnya aja. http://www.celluon.com/products.php

Spesifikasi produk
Berikut adalah spesifikasi lengkap dari buku manual nya
Pattern Projector
Light SourceRed Laser Diode
Keyboard LayoutApprox. 19mm Pitch, QWERTY Layout
Keyboard SizeApprox. Width : 240mm, Height : 100mm
Keyboard LocationApprox. 100mm from the bottom of device
Projection SurfaceFlat, opaque surface
Recognition RateApprox. up to 350 characters per minute
Operating SurfaceAny firm flat surface
Electrical Characteristics
External Power SupplyUSB Power / less than 5V 500 mA
Battery & CapacityLithium-ion Polymer Battery, 660 mAh (MAX) @3.7V
Battery Operating TimeApprox. 120min
Battery Charging TimeApprox. 180min
BluetoothV3.0(class2), HID Profile Ver 1.0
Frequency Range2402-2480Mhs
Channel79
ModulationFGSK
Environmental Conditions
Operating Temperature0~35 C/90%RH
Storage Temperature-5~35 C/~90%RH
Dimension and Specifications
Size (mm)70mm x 20mm x 35mm
Weight (g)Approx. 60g

Cara pakai
Cara pakainya cukup sederhana, koneksi ke HP cukup gampang.
5. connect.jpg
  • Taruh epic ini di atas permukaan yang rata. Sebisa mungkin pastikan permukaannya tidak memantul, seperti meja kayu. Kalau permukaannya memantul seperti kaca di meja, maka bisa diatasin dengan menaruh sehelai kertas A4 putih di atas nya.
  • Lalu hidupkan epic ini, sehingga muncul proyeksi laser keyboardnya. Posisikan supaya proyeksi keyboard tepat di atas permukaan rata yang tidak memantul (atau kertas A4). Pastikan juga tidak ada benda di antara epic dan virtual keyboardnya, yang bisa menghalangi sensor camera dan IR light bekerja sempurna.
  • Tekan dan tahan tombol pairing selama 2 detik, posisinya ada di bagian belakang, di atas port micro USB. LED biru akan berkedip yang menandakan siap untuk dipairing.
  • Aktifkan bluetooth di HP ataupun device lain, search nama bluetooth Celluon PK Series. kemudian pair seperti biasa, tanpa perlu masukkan PIN / Password.
  • Setelah pair, akan ada notif di HP bahwa wireless keyboard connected, langsung uda bisa mulai ketik. LED biru akan berhenti berkedip, yang menandakan epic sudah terhubung dan beroperasi dalam mode keyboard.
  • Keyboard ini meskipun namanya virtual keyboard, ternyata tetap memiliki fungsi mouse. Tekan dan tahan tombol FN + tombol cursor (di samping spasi), epic akan masuk mode mouse; ditandain dengan LED biru berkedip lagi. Pada mode mouse ini, kita tidak bisa menekan keyboard nya lagi. Hasil proyeksi berfungsi ibarat touchpad yang sangat besar. Hanya saja di android, fitur mouse nya terbatas pada mengerakkan cursor saja. Kalau konek ke PC windows 7 baru bisa maksimal multi touchnya.
  • Di mode mouse, tekan tombol cursor, dan epic akan kembali ke mode keyboard, LED biru akan berhenti berkedip.
  • Juga ada fitur power save untuk mematikan proyeksi lasernya, tapi tetap mempertahankan koneksi bluetooth ke device. Caranya adalah tekan dan tahan tombol FN + tombol Backspace; proyeksi keyboard akan off, menyisakan LED biru yang berkedip. Kita hanya bisa masuk power save ini di mode keyboard, karena pada mode mouse, tombol FN dan backspace tidak berfungsi. Power save mode ini, tujuannya untuk menghemat daya dan mengurangi salah tekan pada saat Epic tidak digunakan atau sedang dipindah tempat. Untuk memunculkan kembali lasernya, pastikan dulu posisi epic sudah berada di atas permukaan yang datar supaya keyboardnya bisa muncul sempurna. Kemudian tap dengan tiga jari sekitar 10 cm di depan epic, keyboard virtual akan muncul kembali.
  • Untuk mengatur volume suara feedback, tekan dan tahan tombol FN + Arrow Up/Arrow Down. Ada 5 tingkat volume suara.
  • Untuk mengatur tingkat kecerahan laser proyeksi keyboard, tekan dan tahan tombol FN + Arrow Left/Arrow Right. Ada 5 tingkat kecerahan yang bisa dipilih.
  • Untuk mengatur sensitivitas, tekan dan tahan tombol FN + < / >. Pada saat saya coba, tidak ada perubahan yang signifikan.
  • Kalau batere sudah mau habis, LED merah akan berkedip selama 5 menit sebelum mati. Kalau dicas, LED akan berwarna merah tanpa berkedip.

Untuk tahap awal adaptasi, Celluon sendiri merekomendasikan user untuk mulai mengetik dengan sistem hunt & peck (alias 11 jari / 2 telunjuk). Kalau pake metode ini, tingkat akurasi boleh dibilang 99%, dan kecepatan mungkin bisa up to 25 wpm (pake perasaan ja, belum saya hitung). Setelah terbiasa, barulah ditingkatkan hingga pemakaian 10 jari. Saya sendiri yang sudah mampu mengetik sekitar 50 wpm, agak kewalahan pas awal memakainya, karena experiencenya benar-benar beda. Keyboard ini hanya mampu mendeteksi up to 350 cpm (character per minute), atau sekitar 50-70 wpm. Tapi karena kebanyakan dari kita mengetiknya kadang2 bisa cepat (burst), maka pada saat lagi burst, akan ada beberapa karakter yang akan terskip. Tentunya ini bisa difix melalui latihan mengetik dengan kecepatan stabil.
4.type.jpg

Review feature
  • Quick pairing. Pairing awal sangat gampang, tanpa perlu masukkan PIN/Password seperti di keyboard lain.
  • Keyboard + Mouse. Fitur mouse yang tidak mungkin dimiliki keyboard fisik lainnya.
  • Power Save Mode. Sehingga batere awet kalau tidak dipakai, namun tetap terkonek sehingga bisa digunakan tanpa perlu pairing lagi.
  • Sound Feedback. Feedback suara yang membuat kita tahu bahwa tombol sudah ditekan.
  • Brightness adjustment. Tingkat kecerahan keyboard bisa diatur untuk menyesuaikan dengan kondisi cahaya ruangan.
  • Low Bat Indicator. LED akan jadi merah ketika lowbat dan hijau ketika sudah tercas penuh.
  • Current auto protection. Dicas dengan charger 2 Ampere pun tidak masalah, arus masuk tidak pernah lebih di atas 400 mA.
  • Safety. Laser yang digunakan untuk proyeksi keyboardnya adalah class 1. Jadi cukup aman untuk dipakai. Tapi dari Celluon sendiri menyarankan untuk tidak melihat langsung ke lasernya, untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Juga disarankan untuk memakai bidang datar yang tidak memantul, untuk proyeksi maksimal

Perfomance
Yang hebat dari Epic ini, menurut saya cukup akurat dalam deteksinya, selama anda memposisikan jari tepat di keyboardnya dan permukaanya benar-benar datar, solid dan tidak memantul. Cahaya laser yang dihasilkan cukup terang meskipun dalam ruangan yang ada lampu terang. Tingkat kecerahan masih bisa diatur. Perlu waktu beberapa saat untuk beradaptasi, karena di awal-awal pasti ada banyak salah ketik, baik karena grogi (gaptek) ataupun karena feedbacknya kurang. Tapi ini diatasin dengan sound feedback, di mana setiap mengetik akan ada suara beep yang memberitahu bahwa keystroke telah ditekan. Suaranya bisa disetel sesuai kebutuhan, sehingga tidak mengganggu teman di sekeliling pada saat kita mengetik. Juga ada fitur untuk mengatur sensitivitas nya, tapi tidak saya otak/i, karena defaultnya sudah cukup bagus. Meskipun setelah saya ubah, nampaknya tidak ada perubahan signifikan. Tiga variabel ini masing-masing punya 5 level, dan cara setelnya sudah ada semua nya di buku manual, atau sudah saya jelaskan di atas.

Meskipun cukup akurat asalkan sudah terbiasa, epic ini masih kurang cocok untuk dipakai untuk mengetik cepat, ataupun keperluan mengetik akurasi tingkat tinggi. Contohnya kalau dipakai untuk ketik di command line interface seperti di terminal emulator. Salah ketik bisa berakibat fatal, misalnya salah format partisi ataupun salah hapus file. Jadi bagi yang mengetiknya super cepat, jangan berharap terlalu banyak dengan keyboard ini. Dan juga jangan pernah berpikir untuk memakai keyboard ini untuk gaming. Bakalan game over melulu, karena tidak ada feedback fisik. Kebanyakan waktunya, anda harus melihat ke keyboard untuk mengetik dengan benar. Jadi bisa dipastikan anda tidak fokus ke monitor, pasti akan kalah melulu kalau dipaksa main game.

Untuk batere, Epic memakai Lithium 660 mAh, dan diklaim mampu dipakai nonstop selama 2 jam. Tentunya ini masih tergantung setelan tingkat kecerahan dan volume feedbacknya. Untuk charging dari kosong, memakai kabel micro USB, kurang lebih 3 jam. Tidak ada disediain charger bawaan, cuma ada kabel micro USB nya saja. saya tes dengan charger 1000 mAh (Max V), tetap ampe 3 jam. Nampaknya memang dilimit arusnya tidak pernah di atas 400 mAh, sehingga tidak merusak batere maupun devicenya. Pada saat charging tidak ada panas sama sekali. Jadi memang ada current protectionnya. Tapi kalau dipakai sambil dicas, akan agak hangat sedikit.

Konektivitas / addon
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa epic juga memiliki mouse mode. Jadi keyboard ini bisa dipakai juga untuk presentasi ataupun sekedar slideshow next aja. Tombol-tombol di keyboard masih bisa dimap manual dengan tasker di android ataupun autohotkey di PC untuk keperluan advanced level. Epic ini juga bisa dipakai di android tv box, yang biasanya jarang menggunakan keyboard (hanya sesekali), tapi lebih menggunakan mouse.

Mungkin fungsi tambahan dari epic ini adalah mempesona orang lain. Kebanyakan orang yang pertama kali melihat keyboard ini akan benar-benar kagum dan terheran-heran. Jadi kalau anda bekerja di bidang marketing ataupun profesi lain yang sering ketemu client, mungkin keyboard ini bisa dipakai untuk menciptakan first impression bahwa anda benar-benar futuristik.

Kelebihan kekurangan
Kelebihan
  • Kecil, portable, gampang dibawa ke mana-mana
  • Koneksi via bluetooth, bisa ke android, apple maupun windows
  • Ada built-in batere, bisa bertahan 2 jam
  • Tingkat akurasi cukup tinggi, cara pakenya juga gampang.
  • Teknologinya futuristik, cukup membanggakan untuk dipamerin ke teman-teman

Kekurangan
  • Sangat mahal dibanding keyboard tradisional
  • Perlunya adaptasi di awal, ada kurva pembelajaran mengetik lagi
  • Tidak cocok untuk yang ingin mengetik cepat (di atas 50 wpm), atau malas belajar mengetik cara baru
  • Layout keyboard sedikit berbeda di bagian tangan kanan, karena keterbatasan area proyeksi
  • Charging agak lama menurut saya (padahal batere cuma 660 mAh), ampe 3 jam

Kompetitor & alternatif
Untuk harga, di amazon sendiri dijual sekitar $140-170. Masuk ampe Indo, pasti uda lebih mahal. Sedangkan kalau beli lokal, mungkin harganya berkisar 1,4 - 1,7 juta. Untuk nyari sellernya, silahkan googling. saya bukan mau promosi, cuma review doank.
Celluon, perusahaan Korea, nampaknya hampir tidak memiliki kompetitor dalam bidang virtual keyboard ini. Sebelumnya mereka juga sudah meluncurkan produk Magic cube virtual keyboard (generasi pertama), tapi sudah discontinued. Generasi penerusnya adalah Epic virtual keyboard (yang saya review ini). Jadi kalau mau cari, pastikan anda membeli yang versi Epic, karena ada peningkatan tentunya dibandingkan versi sebelumnya, terutama di ukuran fisik yang lebih ramping.

Alternatif lain adalah memakai keyboard bluetooth versi fisik. Meskipun saya sudah membeli keyboard ini, tapi kenyataannya epic ini lebih sering tertidur di kotak kartu nama Karena dalam kebanyakan waktunya saya membutuhkan keyboard yang sanggup mengimbangi kecepatan mengetik saya. Akhirnya saya membeli keyboard bluetooth lain yang jauh lebih murah dan kecepatan mengetiknya lebih tinggi dibanding epic.

Kesimpulan & epilog
Setelah testing dan pamer-pamer, saya tetap merasa cukup puas dengan fitur yang ditawarkan. Terutama rasa bangga yang didapat, pas melihat semua teman kantor terkejut dengan teknologinya. Dengan mulut terbuka sambil bertanya : "Kok bisa?" Kalau bagi anda yang suka koleksi produk-produk ini, mungkin epic ini bisa jadi masuk daftar koleksi anda yang cukup dibanggakan. Namun kalau anda mengejar perfoma mengetik yang lebih cepat, epic ini bukanlah untuk anda.

BTW, untuk cerita tentang Back to the future di atas hanya rekayasa, alias bumbu doank. Saya ketemu produk ini murni dari hasil googling, bukan pake mesin waktu.
Reply

Use magic Report

38

Threads

566

Posts

1274

Credits

Gold Member

Rank: 4

Credits
1274
Post time: 2015-09-28 12:10:22
| Show all posts
keren nih
Alhamdulillah.... Thank HisenseID and Admin...
Reply

Use magic Report

27

Threads

604

Posts

1221

Credits

HiClub Member

Rank: 10Rank: 10Rank: 10

Credits
1221

Forum Special Contribution HiClub Junior Member

Post time: 2015-09-29 07:49:10
| Show all posts
good job..... agan sudah pakai padahal kita masih diangan2 teknologi ini
info gadget dan pureshot klik arifdoit.com
Reply Support Not support

Use magic Report

67

Threads

708

Posts

1535

Credits

Gold Member

Rank: 4

Credits
1535
Post time: 2015-09-29 22:45:31
| Show all posts
ajib ne gadget, tapi harganya gk ajib buat ane
Alhamdulillah, Thanks Hisense!
Reply Support Not support

Use magic Report

67

Threads

708

Posts

1535

Credits

Gold Member

Rank: 4

Credits
1535
Post time: 2015-10-07 21:14:09 From the mobile phone
| Show all posts
Bro, klo buat nampilin layar scra virtual gt ada gk ya!
Reply Support Not support

Use magic Report

26

Threads

666

Posts

1860

Credits

HiClub Member

Rank: 10Rank: 10Rank: 10

Credits
1860

Forum Special Contribution HiClub Junior Member

 Author| Post time: 2015-10-07 22:01:47
| Show all posts
sheva.ahmad 2015-10-07 21:14
Bro, klo buat nampilin layar scra virtual gt ada gk ya!

Maksudnya layar virtual dalam bentuk hologram? Mungkin 5 tahun lagi gan. Samsul uda ada prototype nya, corning da siap untuk bikin kacanya serta beberapa perusahaan display uda ada yang sanggup bikin teknologinya. Tinggal nunggu pematangan teknologi.

Tapi kalau maksud agan layar virtual yang pake laser juga, celluon sendiri juga ada buat. Namanya Picopro. Boleh dibilang sebenarnya proyektor sih, tapi pake sinar laser, beda dengan proyektor biasa yang pake lampu biasa. Laser lebih terang dan ga main fokus2 lagi, uda pasti jelas. Ane juga lagi nunggu ada yang jual ini di Indonesia. Harganya lumayan mahal, setara proyektor lain. Tapi portable dan support miracast juga.
Reply Support Not support

Use magic Report

67

Threads

708

Posts

1535

Credits

Gold Member

Rank: 4

Credits
1535
Post time: 2015-10-08 00:06:04 From the mobile phone
| Show all posts
Desmanto 2015-10-07 22:01
Maksudnya layar virtual dalam bentuk hologram? Mungkin 5 tahun lagi gan. Samsul uda ada prototype  ...

Ya mksd ane kyk picopro ini, manteb jg buat nobar, harganya ya manteb jg 359,99$, xixi
Reply Support Not support

Use magic Report

0

Threads

72

Posts

1212

Credits

Gold Member

Rank: 4

Credits
1212
Post time: 2015-10-08 11:23:15
| Show all posts
Hmm.... tampaknya saat ini pekerjaanku belum perlu disupport keyboard canggih kayak gitu
Reply Support Not support

Use magic Report

0

Threads

1

Posts

24

Credits

Member

Rank: 2

Credits
24
Post time: 2017-04-12 19:18:55
| Show all posts
Sorry bang desmanto , ane mau tanya fungsi pairing switch nya dong , buat tugas rumah ane . makasih bang
Reply Support Not support

Use magic Report

You have to log in before you can reply Login | Register

Points Rules

Archive|Mobile|Dark room|Hisense Forum

2017-08-22 08:34 GMT+7 , Processed in 0.043243 second(s), 16 queries .

Powered by Discuz! X3.2

© 2001-2014.

ٻظ To Top б