Please select To the mobile version | Continue to access the desktop computer version
| |

Hisense Forum

 Forgot password?
 Register
Search
View: 34279|Reply: 35

Hisense Pureshot/+, Analisis Klaim "All Operator Support"

[Copy link]

26

Threads

666

Posts

1860

Credits

HiClub Member

Rank: 10Rank: 10Rank: 10

Credits
1860

Forum Special Contribution HiClub Junior Member

Post time: 2015-09-05 01:26:04
| Show all posts |Read mode
Edited by Desmanto at 2015-09-15 00:17

Hisense Pureshot/+, Analisis Klaim "All Operator Support"

Hisense sudah announced Pureshot & Pureshot+ tanggal 19 Agustus 2015 lalu, dan sudah rilis di tanggal 9 September 2015 nanti. Salah satu fitur yang dibanggakan adalah support all operator di Indonesia. Apa maksudnya? Mari kita lihat.

Disclaimer
Sebelum melanjutkan membaca ke bawah, apapun yang saya tulis di sini seharusnya sudah benar, melihat dari spek Pureshot/+ yang ada serta membandingkan info dari berbagai sumber. Bagaimana pun juga saya bukanlah staff Hisense, dan juga belum pernah Hands-on HP ini. Mungkin perlu tunggu ada review dan testing yang lebih mendetail dulu, baru bisa membuktikan semua informasi di bawah. Jadi ada kemungkinan adanya informasi yang salah. Mungkin mimin dan anda yang sudah mencicipi HP ini bisa mengoreksi kesalahan saya. Nanti saya akan berusaha untuk memperbaikinya. Mudah-mudahan sih sudah benar semua.

Spesifikasi Jaringan
Sesuai dari spek nya, Pureshot/+ memiliki dua slot SIM ukuran standard. (plus slot microsd yang terpisah) Berdasarkan info dari review Pureshot dan Pureshot+ di arenaLTE, kedua slot SIM memiliki fitur yang sama, support jaringan yang sama untuk semua operator Indonesia. Chipset yang dipake adalah Qualcomm Snapdragon 415, dengan code MSM8929. Chipset ini sudah memakai Modem intergrated X5 LTE Global multimode, yang artinya support berbagai mode jaringan di seluruh dunia.

2G Bands
CDMA2000 1X 800 Mhz (untuk telepon/sms dan internet up to 153 Kbps)
GSM 900 / 1800 Mhz (untuk telepon/sms)

3G Bands
CDMA EvDo Rev A 800 Mhz, internet up to 3,1 Mbps (belum diketahui apakah support rev B up to 9,3 Mbps)
WCDMA/UMTS 2100 Mhz yang lebih dikenal dengan nama 3G / HSPA / HSPA+ (internet up to 42 Mbps)

4G Bands
FDD 850 Mhz (B5)
FDD 850+ Mhz (B26)
FDD 900 Mhz (B8)
FDD 1800 Mhz (B3)
FDD 1900 Mhz (B2)
TDD 2300 Mhz (B40)
Speed LTE cat 4, DL up to 150 Mbps, UL up to 50 Mbps

Waduh, apa pula maksud frekuensi di atas? Makin bingung? Mari kita kupas satu persatu.

CDMA
Mulai dari support CDMA2000 dan CDMA EvDo 800 MHz. Keduanya menggunakan teknologi CDMA yang sama sekali berbeda dari GSM. Sehingga untuk bisa telepon dan sms lewat CDMA, wajib menggunakan kartu dari operator CDMA. Sampai hari ini, operator CDMA yang ada di Indonesia tinggal 2, yaitu Smartfren yang masih mendukung 1X dan EvDo; serta Esia yang hanya mendukung 1X saja (cuma bisa telepon dan sms, tidak bisa EvDo). Esia saat ini menumpang lisensi frekuensi dari Smartfren, sehingga boleh dibilang Smartfren pemain tunggal CDMA di Indonesia.

Artinya jaringan CDMA ini akan lebih difokuskan bagi pengguna kartu Smartfren, seperti saya sendiri. Karena dengan Pureshot/+ ini, kita tetap bisa telepon/sms dan internetan melalui nomor smartfren di jaringan CDMA 1X dan EvDo. Boleh dibilang support semua operator CDMA di Indonesia. (karena cuma ada dua toh)

GSM
Support GSM 900/1800 Mhz (2G) dan WCDMA 2100 MHz (3G). Operator GSM di Indonesia lebih banyak :
  • Telkomsel, dengan kartu Halo, Simpati, As, Flexi (pindahan dari CDMA)
  • Indosat, dengan kartu Mentari, IM3, Matrix
  • XL Axiata, dengan kartu XL, Axis (merger)
  • Hutchison, dengan kartu 3 (three)

(untuk kartu yang tidak saya cantumkan di sini, mohon maaf, saya hanya ambil kartu yang lebih dikenal umum untuk mewakili operatornya)
Ke 4 operator ini, untuk jaringan 2G beroperasi di frekuensi 900 dan 1800 Mhz. Sementara untuk WCDMA atau UMTS tu jaringannya 3G dkk, termasuk HSPA/+. Liat di wikipedia untuk List UMTS band nya Indonesia, scroll bawah dikit cari Indonesia. Semua operator GSM Indonesia menggunakan Frekuensi WCDMA 2100 Mhz (B1). Jadi ga usah takut terlimit di EDGE seperti andromax lain. Kecepatan up to 42 Mbps (tergantung operator). Sehingga Pureshot/+ otomatis support kartu dari semua operator GSM di Indonesia. Kita bisa telepon, sms dan internetan melalui nomor GSM manapun di jaringan GSM, 3G, dan HSPA/+.

LTE
Kemudian untuk 4G/LTE, tidak ada lagi dikenal namanya GSM/CDMA. Karena LTE menggunakan teknologi yang sama sekali berbeda, dengan chipset wireless yang juga berbeda. Sehingga baik operator GSM maupun CDMA tetap bisa implementasi LTE.

Saat ini di Indonesia, keempat operator GSM, 1 operator CDMA dan 1 operator murni LTE sudah menggelar LTE. Alokasi frekuensi dan bandwidth mereka adalah
  • Internux (Bolt), TDD 2300 Mhz (B40), BW 10 Mhz
  • Telkomsel, FDD 900 Mhz (B8), BW 5 Mhz; akan migrasi ke FDD 1800 Mhz (B3), BW 20 MHz
  • Indosat, FDD 900 Mhz (B8), BW 5 Mhz; akan migrasi ke FDD 1800 Mhz (B3), BW 20 MHz
  • XL Axiata, FDD 900 Mhz (B8), BW 5 Mhz; akan migrasi ke FDD 1800 Mhz (B3), BW 20 MHz
  • Hutchison (three), FDD 1800 Mhz (B3), BW 10 MHz
  • Smartfren, FDD 850 Mhz (B5) BW 5 Mhz dan TDD 2300 Mhz (B40) BW 30 Mhz, Carrier aggregation (LTE Advanced)

Untuk lebih lengkapnya LTE band di Indonesia, lihat di wikipedia, LTE Network Asia, scroll sedikit ke bawah cari Indonesia. Belum ada keterangan detail seberapa cepat kecepatan maximum dari setiap operator. Namun Pureshot/+ sendiri sudah sudah support LTE cat 4, yang mendukung Download up to 150 Mhz dan Upload up to 50 Mhz. Untuk ukuran sekarang, belum ada operator yang mampu memberikan max speed sebesar itu. Karena masih tergantung pada alokasi bandwidth yang digunakan. Sejauh ini alokasi bandwidth terbesar masih dimiliki oleh Smartfren, dengan total 35 Mhz (5 + 30).

Karena Band yang dipakai di Indonesia adalah B3, B5, B8, dan B40. Sementara Pureshot/+ uda support B2, B3, B5, B8, B26 dan B40. Jadi memang benar klaimnya bahwa sudah support LTE semua operator Indonesia.

Apa bedanya band dan frekuensi?
Pada dasarnya sih sama, cuma beda konteks. Misalnya Band 5 (B5) adalah FDD 850 Mhz. Kebanyakan orang akan memakai kata frekuensi 850 Mhz aja. Tapi sebenarnya harus dicantumkan juga Band nya, karena juga ada B8, B18, B19 dan B26 yang juga dikenal dengan FDD 850 Mhz, tapi DL dan UL nya beda frekuensi. Makanya untuk LTE, akan lebih tepat kalau kita pake kata2 band saja. Lihat lebih lanjut di wikipedia tentang penjelasan Band LTE dan frekuensinya.
Kenapa kok bisa ampe duplikat seperti itu? Tanyakan kepada negara2 dan pemerintahnya yang pertama kali mengadopsi LTE tanpa menata ulang frekuensinya. Pokoknya selesai dan uang license spektrum masuk, jadilah 44 band LTE yang berantakan seperti sekarang.

Konfirmasi dari Mr. Sololiu
Hari ini, Mr. Sololiu ada buat thread baru di sebelah, [PF2F-product]PureShot All network conpactable! Bagi yang bingung baca dalam bahasa Inggris, tidak apa-apa, karena akan saya bantu jelaskan di sini.
Pureshot/+ memiliki dua slot SIM card dengan fitur yang sama. Secara hardware, kita akan namakan Slot Physical 1 dan Slot Physical 2.
Kemudian setelah HP booting dan masuk ke menu, di bagian setting dual sim, akan ada pilihan untuk menentukan mana yang akan dipakai sebagai slot utama (primary). Sehingga ada yang namanya Slot Logical 1 dan Slot Logical 2.

Secara default, Slot Physical 1 = Slot Logical 1 (primary) dan Slot Physical 2 = Slot Logical 2 (secondary). Tapi kita bisa swap Slot logical ini dengan cara mengaktifkan All network pathway mode di Slot yang ingin dijadikan sebagai Slot Logical 1 (primary).
Sehingga hasilnya adalah Slot Physical 1 =Slot Logical 2 (secondary)dan Slot Physical 2 = Slot Logical 1 (primary)
Fungsi swap hanyalah memudahkan kita untuk swap dari primary ke secondary tanpa perlu mematikan HP dan swap posisi simcard secara fisik. Artinya pergantian mode bisa dilakukan hanya dari settingan software.


Slot Logical 1 (primary) support 2G di GSM/CDMA 1x, 3G di WCDMA/CDMA Evdo Rev A dan LTE di TDD/FDD
Slot Logical 2 (secondary) hanya support 2G di GSM dan 2,5G di EDGE (internet up to 115 atau 236 Kbps)

Artinya hanya Slot Logical 1 (primary) yang bisa support All band dari 2G sampai 4G. Sementara Slot Logical 2 (secondary) hanya bisa up to GSM - EDGE. Karena itu, di Slot Logical 2 (secondary), kita tidak bisa menggunakan CDMA, LTE dari GSM ataupun pure LTE.  Dengan begitu skenario Dual SIM Usage memang hanya ada 4 skenario (karena SIM 2 selalu cuma max GSM - EDGE).

Lantas bukankah ini menjadikan Pureshot/+ seperti andromax lainnya?
Tidak 100%, tapi 50% benar. Karena kalau di andromax, Slot 1 sudah dilock hanya bisa pakai Smartfren, tidak bisa pakai GSM ataupun CDMA lain. Sementara di Pureshot/+, Slot 1 masih bisa dipakai untuk GSM, 3G, CDMA dan LTE lain. Meskipun baik andromax dan Pureshot/+, SIM slot 2 hanya dibatasi sampai GSM - EDGE. Sehingga dengan begitu, sebenarnya klaim support all operator masih tetap benar adanya, meskipun hanya ada di slot 1.

Bukankah dari awal SS di arenaLTE mengatakan bahwa kedua slot support full band semua?
Review yang dari arenaLTE itu kan lebih general. Jadi mungkin belum sempat bahas detail mengenai masalah support jaringan ini. Setelah diteliti lebih lanjut, sejauh data yang diperoleh, kita mengambil kesimpulan bahwa ini adalah limitasi alamiah dari penerapan dual SIM dengan support CDMA-GSM. Karena 1 HP hanya boleh memiliki 1 MEID (CDMA) dan 1 IMEI (GSM). Jadi kalau seandainya dipasang dual CDMA, otomatis tidak ada MEID kedua untuk slot 2. Pada konfigurasi SIM 1 GSM LTE + SIM 2 CDMA, maka slot CDMA nya juga tidak terbaca, karena MEID melekat pada slot 1 (primary).

Tapi herannya pada konfigurasi dual GSM, (GSM LTE + GSM EDGE), kedua kartu akan mendapatkan IMEI yang sama. Tidak diketahui apakah ini bakalan bikin masalah gak, terutama kalau kedua kartu berasal dari operator yang sama (di BTS tercatat imei nya konek dua kali dengan simcard yang berbeda). Meskipun benar bahwa MEID sebenarnya bisa dipakai untuk menggantikan IMEI di jaringan GSM; tapi nampaknya diblock oleh operator GSM di Indonesia. Cek di HP lain, jelima ataupun hatece wandi; kabarnya sih juga sama. Ketika primary slot bisa 4G, secondary slot tetap mentok di GSM EDGE. Jadi memang ini adalah limitasi alamiah, bukan lock dari pihak Hisense maupun Smartfren. Itulah sebabnya sangat jarang ditemukan HP yang bisa support jaringan selengkap Pureshot/+ ini. Karena kebanyakan vendor HP lainnya tidak mau bersusah payah dengan masalah MEID/IMEI dan konfigurasi jaringannya.


Skenario SIM card
Karena ini adalah HP dual SIM, support CDMA, GSM dan LTE, maka kombinasi dari penggunaan kartu akan bervariasi. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa Pureshot/+ support CDMA 1X dan EvDo, GSM, 3G, HSPA/+ dan LTE; maka untuk mempersingkat, di bawah ini, kata CDMA akan mengacu pada telepon/sms (1x) dan internet (EvDO); GSM akan mengacu pada telepon/sms (GSM) dan internet (3G/HSPA/+). Dengan menghitung berbagai skenario, maka ada beberapa kemungkinan pemakaian SIM.

Single SIM Usage
SIM 1SIM 2SIM 1SIM 2SIM 1SIM 2
Pure CDMAEsiaTelepon
CDMA + LTESmartfrenTelepon, sms, internet
GSM + LTEOps GSMTelepon, sms, internet
Pure LTEBoltInternet

  • Satu-satunya operator yang tersisa untuk Pure CDMA adalah Esia. Tidak bisa internetan lewat konfigurasi ini.
  • Satu-satunya operator yang support CDMA+LTE adalah Smartfren
  • Ke empat operator GSM + LTE pasti support 4G. Jadi tidak ada yang support GSM saja.
  • Satu-satunya operator Pure LTE adalah Internux aka Bolt. Tidak bisa telepon/sms lewat konfigurasi ini

Dual SIM Usage
SIM 1SIM 2SIM 1SIM 2SIM 1SIM 2
Pure CDMAGSM EDGEEsiaOps GSMTeleponTelepon, sms, internet (EDGE)
CDMA + LTEGSM EDGESmartfrenOps GSMTelepon, sms, internet (Evdo + LTE)Telepon, sms, internet (EDGE)
GSM + LTEGSM EDGEOps GSMOps GSMTelepon, sms, internet (3G + LTE)Telepon, sms, internet (EDGE)
Pure LTEGSM EDGEBoltOps GSMInternet (LTE)Telepon, sms, internet (EDGE)

  • Skenario Dual Esia, Dual Smartfren dan Dual Bolt tidak mungkin terjadi lagi. Karena Slot SIM 2 hanya bisa dipakai untuk GSM EDGE.
  • Skenario Esia + Smartfren, Esia + Ops GSM, Esia + Bolt juga tidak mungkin terjadi lagi.
  • Skenario Ops GSM + Bolt tidak akan maksimal, karena Bolt tidak bisa bekerja di slot 2. Tapi kalau diswap Bolt + Ops GSM baru bisa, tapi GSM nya jadi mentok di EDGE.
  • Skenario Dual GSM mungkin akan lebih sering terjadi. Tapi mengingat HP ini dijual bundling dengan Smartfren, kemungkinan besar banyak user yang akan mencoba kartu Smartfren terlebih dahulu.
  • Skenario Smartfren + Ops GSM adalah konfigurasi terlengkap yang benar-benar menggunakan semua support jaringan dari Pureshot/+. Makanya Pureshot/+ ini sangat cocok sebagai Upgrade HP berikutnya untuk para pengguna andromax nya Smartfren.

Sebagai catatan, bahwa meskipun anda memakai konfigurasi CDMA/GSM/LTE di atas, bukan berarti pasti bisa digunakan sepenuhnya. Karena HP tentu memerlukan support jaringan dari operator nya itu sendiri. Contohnya jika di daerah anda tidak ada jaringan LTE, maka speed internet hanya akan maksimal sampai teknologi EvDo (CDMA) ataupun 3G/HSPA/+ (GSM).

Contoh kasus lain misalkan anda memakai Smartfren di SIM 1 dan kartu GSM di SIM 2. Yang berarti anda bebas memilih Internetan baik dari Smartfren di 1X/EvDo/LTE ataupun dari kartu GSM di EDGE. Tapi anda memutuskan untuk memakai paket internet dari Smartfren. Namun seperti yang kita ketahui bahwa jaringan Smartfren belum mencakup seluruh pelosok Indonesia, terutama di daerah-daerah terpencil. Tetapi operator GSM lainnya yang sudah jauh lebih lama berdiri di Indonesia, sudah mencakup daerah tersebut. Jadi kalau seandainya anda ada tugas dinas ke daerah terpencil yang tidak terjangkau jaringan Smartfren, otomatis tidak bisa internetan lagi donk. Nah, karena SIM 2 masih tetap bisa internetan dari GSM, anda bisa saja membeli paket internet terpisah di SIM 2, sehingga tetap bisa internetan dari jaringan operator yang sudah mencakup daerah terpencil tersebut. Untuk cakupan jaringan tiap-tiap operator, silahkan cek dengan teman/keluarga/penduduk sekitar (untuk real perfomance) ataupun bisa ditanyakan ke CS operator tersebut. Dan ingat kalau sudah ke daerah pesisir, jangan berharap dengan LTE lagi ya. Boro-boro LTE, sinyalnya saja mungkin belum tentu dapat. Operator pastinya akan lebih suka pasang BTS LTE di tempat yang padat penduduk, sehingga pendapatannya bisa lebih maksimal. Dan memang slot 2 hanya bisa mentok sampai EDGE. Jadi kalau seandainya pun sinyal Smartfren sama sekali tidak terdeteksi, bagusan selama anda berada di daerah tersebut, silahkan swap konfigurasi Logical slot nya, supaya GSM berada di Slot Logical 1 (Primary). Karena meskipun memang slot 2 tidak bisa pakai Smartfren, toh juga tidak ngaruh karena sinyalnya tidak ada.


Catatan khusus untuk Bolt
Ketika saya ketik ini, saya ada tanya mimin untuk support LTE di kedua Slot. Dan mimin menjawab bahwa kartu Bolt tidak bisa digunakan di Pureshot/+ ini. Bukankah itu membuat pernyataan Support All Operator terbantahkan?
Kalau dilihat dari spek yang tertera, Bolt berjalan di TDD 2300 Mhz (B40), yang sudah disupport oleh Pureshot/+ tentunya. Jadi kok waktu dicoba tidak bisa?
Ada beberapa kemungkinan :
  • Kartu Bolt sudah tidak aktif, ataupun belum diaktifkan
  • Jaringan Bolt tidak tersedia ataupun lagi mengalami gangguan sewaktu dicoba.
  • Kemungkinan yang paling besar adalah perlu switch mode jaringan ke LTE only, seperti di HP non CDMA lainnya yang hendak memakai Smartfren. Tanpa switch ke mode LTE Only, HP akan berusaha mencari jaringan 3G dulu di kartu nya. Karena HP GSM tidak bisa memakai jaringan CDMA, otomatis akan gagal dan kita anggap bahwa HP nya tidak support. Dengan switch ke LTE only, jaringan 3G akan dibypass dan langsung mode 4G, sehingga langsung bisa detek jaringannya.

Apapun kemungkinannya, akan lebih bagus lagi kalau sudah ada yang Hands-on dan review bahwa Pureshot/+ ini support Bolt. Mungkin ini nanti akan dikonfirmasi mimin lagi nantinya, atau oleh user lain yang sudah Hands-on

CDMA akan ditutup
Bukankah CDMA akan ditutup? Gimana nasib nya Pureshot/+ ini kalau seandainya itu terjadi?
Betul, sesuai peraturan pemerintah, CDMA akan ditiadakan per tanggal 16 Desember 2016. Untuk tanggal pastinya tentunya bakalan molor lagi seperti nasib fleksi. Nantinya semua BTS CDMA Smartfren akan diganti menjadi BTS LTE. Jadi selama HP support CDMA dan LTE, maka tidak akan terpengaruh sama sekali, termasuk Pureshot/+ ini. Jadi setelah CDMA berpulang ke sisinya, Pureshot/+ tetap bisa dapat jaringan LTE. Justru malah Pureshot/+ sangat cocok sekali dipakai dalam masa transisi 1,5 tahun ini. Dan karena unlocked, seandainya anda memutuskan untuk pindah ke GSM/LTE lain tidak masalah.

Kesimpulan
Dengan hasil analisis di atas, berarti Pureshot/+ support semua CDMA, semua GSM dan semua LTE. Klaim bahwa support all operator Indonesia adalah benar adanya.
Meskipun pernyataan ini hanya berlaku untuk Slot 1 saja, tapi tetap saja masih tetap benar adanya.
Yang jelas, anda mau masukkan kartu dari operator manapun di Indonesia, tetap bisa masuk di Pureshot/+ ini.
Ini adalah HP pertama di Indonesia yang support jaringan selengkap ini !!!
Reply

Use magic Report

67

Threads

708

Posts

1535

Credits

Gold Member

Rank: 4

Credits
1535
Post time: 2015-09-06 21:01:15 From the mobile phone
| Show all posts
Desmanto 2015-09-06 19:10
Tu semua kan up to. Mank kapasitas jaringan real uda memang bisa ampe 100 Mbps?  Maksudnya  ...

Bener juga, malah transfer ratenya jg suka gk sesuai dgn kenyataan, ya smoga aja lte semar gk kyk evdonya, kurang punya pengalaman bagus pke evdo semar, tp ane tetep pake
Reply Support 0 Not support 1

Use magic Report

27

Threads

604

Posts

1221

Credits

HiClub Member

Rank: 10Rank: 10Rank: 10

Credits
1221

Forum Special Contribution HiClub Junior Member

Post time: 2015-09-05 12:19:56
| Show all posts
Penasaran Sama PureShot+
info gadget dan pureshot klik arifdoit.com
Reply Support Not support

Use magic Report

23

Threads

238

Posts

609

Credits

Member

Rank: 2

Credits
609
Post time: 2015-09-05 13:44:32
| Show all posts
Mantap bro, pembahasannya lengkap dan bikin paham
Reply Support Not support

Use magic Report

0

Threads

1

Posts

47

Credits

Member

Rank: 2

Credits
47
Post time: 2015-09-05 14:19:55
| Show all posts
Kalo dari ane baca2 dari tabel di atas, berarti kesimpulannya adalah semua slot kartu Pureshot/+ bisa digunakan oleh opsel GSM dan CDMA dong ya?
Sehingga konfigurasinya menjadi:
SIM 1: CDMA, EVDO, GSM, HSPA, LTE
SIM 2: CDMA, EVDO, GSM, HSPA, LTE
Kalo memang benar, ini adalah kekuatan mutlak nya Pureshot/+ yang tidak dimiliki kompetitornya (sampai saat ini).

Terutama buat ane yang pake smartfren sebagai nomor utama.
Karena, begitu jaringan CDMA resmi disuntik mati di Indonesia, ane bisa dengan mudahnya switch dari konfigurasi CDMA-GSM menjadi konfigurasi GSM-GSM tanpa perlu beli HH baru lagi.
Reply Support Not support

Use magic Report

26

Threads

666

Posts

1860

Credits

HiClub Member

Rank: 10Rank: 10Rank: 10

Credits
1860

Forum Special Contribution HiClub Junior Member

 Author| Post time: 2015-09-05 14:37:52
| Show all posts
ivan.bdm 2015-09-05 14:19
Kalo dari ane baca2 dari tabel di atas, berarti kesimpulannya adalah semua slot kartu Pureshot/+ bis ...

Idem gan. Smartfren da jadi nomor utama.

Dari arenaLTE yang uda review, katanya seperti itu, kedua slot SIM support semuanya seperti SS di atas. Nanti kalaupun CDMA ditiadakan, kan Smartfren uda beralih ke LTE. Jadi masih tetap bisa telpon/sms/internet lewat LTE nya. Implementasi VoLTE nya Smartfren kabarnya akhir tahun ini.
Reply Support Not support

Use magic Report

0

Threads

6

Posts

42

Credits

Member

Rank: 2

Credits
42
Post time: 2015-09-05 15:08:56 From the mobile phone
| Show all posts
Wishlist ane: sim 1 'esia' sim 2 'smartfren/bolt/all gsm 4g'
Reply Support Not support

Use magic Report

67

Threads

708

Posts

1535

Credits

Gold Member

Rank: 4

Credits
1535
Post time: 2015-09-05 15:58:10 From the mobile phone
| Show all posts
Mantab, tp tmpt ane belum dpt lte semar kyknya!

Reply Support Not support

Use magic Report

0

Threads

3

Posts

16

Credits

Member

Rank: 2

Credits
16
Post time: 2015-09-05 23:37:48 From the mobile phone
| Show all posts
Ulasan yg sangat berbobot,thanks for sharing bro. Sebenernya gw udah bawa sim card bolt buat ngetes waktu di galeri cuman sayangnya ternyata pembelian pureshot masih indent seminggu dan display gw mau masukin simcard bolt tidak boleh sama spg nya. Kesimpulannya harus bersabar dulu hehe. Asli penasaran ttg bisa ngak nya bolt di pureshot meskipun dari spesifikasi seharusnya tdk masalah. .
Reply Support Not support

Use magic Report

38

Threads

566

Posts

1274

Credits

Gold Member

Rank: 4

Credits
1274
Post time: 2015-09-06 00:08:42
| Show all posts
Nah ini dia yang disebut ulasan paket komplit, sampai ane Mufhum (ga ada celah buat nanya). ane mau ikut ngutip aja
Kesimpulan
Dengan hasil analisis di atas, berarti Pureshot/+ support semua CDMA, semua GSM dan semua LTE. Klaim bahwa support all operator Indonesia adalah benar adanya.
Yang jelas, anda mau masukkan kartu dari operator manapun di Indonesia, tetap bisa masuk di Pureshot/+ ini.

ini dia keunggulan dan jawaban bagi konsumen untuk beralih ke pureshot/+ kalau pengguna tahu. tinggal pasarnya aja tahu info ini... and, kalau liat kesimpulan ini, serta calon pengguna smartphone tahu maka polling yang ane buat di SINI pasti jawabannya paling tidak nomor 4. bangga banget ya kalau punya pureshot/+
Alhamdulillah.... Thank HisenseID and Admin...
Reply Support Not support

Use magic Report

38

Threads

566

Posts

1274

Credits

Gold Member

Rank: 4

Credits
1274
Post time: 2015-09-06 00:23:07
| Show all posts
Brother, ane mau ijin ngeshare ni thread di blog ane ya?! info keren, biar pada tahu orang banyak... ini informasi yang bagus... sambil ikut promosi Pureshot/+...
Alhamdulillah.... Thank HisenseID and Admin...
Reply Support Not support

Use magic Report

You have to log in before you can reply Login | Register

Points Rules

Archive|Mobile|Dark room|Hisense Forum

2017-08-22 08:27 GMT+7 , Processed in 0.044316 second(s), 15 queries .

Powered by Discuz! X3.2

© 2001-2014.

ٻظ To Top б